Aliran modifikasi yang membuat tampilan mobil kamu lebih menarik

Setiap orang mempunyai selera sendiri dalam menentukan pilihan, termasuk dalam memilih modifikasi mobil. Bagi pecinta otomotif yang ingin mengubah tampilan standar nya agar terlihat lebih menarik, berikut beberapa aliran modifikasi yang mungkin bisa menginspirasi kalian.

  • Retro
Photo by Jose Mueses from Pexels
aliran modifikasi mobil retro
Photo by Jose Mueses from Pexels

Retro identik dengan gaya klasik  dengan lampu bundar dan keorisinilan setiap part nya. Gaya mobil ini adalah desain yang digunakan produsen otomotif untuk sedan keluaran tahun 70 hingga 80an. Tampilan yang khas tersebut tentu akan sulit ditemui pada mobil-mobil sekarang. Alasan inilah yang menyebabkan modifikasi menjadi pilihan utama untuk memenuhi hasrat para pecinta vintage. Namun walaupun tergolong mobil lawas, modifikasi retro memerlukan biaya yang tidak murah.

  • Japanese Domestik Market
aliran mobil japanese domestic market 
jdm
Photo by Steve Giampa from Unsplash

Nama JDM sebenarnya berarti mobil yang secara khusus dibuat dan dipasarkan di negara sakura tersebut dan tidak di ekspor ke negara2 lain. Tentu saja ada perbedaan-perbedaan spesifikasi dengan mobil yang dipasarkan secara global. Sebagai warga di luar jepang, kita harus mengimpor mobil tersebut secara khusus yang harus disesuaikan pula dengan regulasi dan aturan-aturan di Indonesia ataupun negara lainnya. Namun meskipun mobil JDM tidak dipasarkan secara global, banyak part yang sama dan bisa digunakan pada mobil non JDM. Hal itulah yang menjadi alasan banyaknya orang yang menginginkan untuk memodifikasi mobilnya bergaya JDM.

  • VIP
aliran modifikasi mobil vip
Photo by Speedhunters

Terlihat dari namanya, modifikasi VIP biasanya menggunakan mobil kelas premium, mulai dari sedan hingga van. Walaupun ada juga yang menggunakan city car. Ciri-ciri yang paling menonjol adalah ukuran velg yang besar dan lebar, serta dibalut dengan krom yang mengkilat. Pemasangannya pun juga dibikin chamber negatif yang over untuk lebih membuat tampilan menjadi lebih ceper dan lebar. Dari segi eksterior, biasanya dipasang body kit dengan warna polos namun eksotis . Sedangkan interiornya, tentu saja para penikmat VIP memasang fasilitas-fasilitas yang dapat memanjakan penumpangnya.

  • Street Racing
aliran modifikasi mobil street racing car
Photo from WallpaperCave

Konsep street racing umumnya menggunakan jenis mobil sedan. Walaupun dewasa ini banyak pula modifikator yang memanfaatkan  mobil jenis lain. Namun pada intinya, street racing adalah modifikasi ala-ala mobil balap dengan mengganti beberapa komponennya. Mulai dari body, kaki-kaki, hingga dapur pacu. Misalnya pemasangan turbocharge atau swapping engine, bahkan NOS  untuk meningkatkan performa. Bagian bodykit juga biasanya dipasang dan velg nya yang diganti untuk  menambah kesan racing.

  • Hellaflush
Photo from WallpaperCave

Modifikasi hellaflush lebih cenderung membuat mobil seceper-cepernya terhadap permukaan jalan. Aliran ini lebih mengutamakan modifikasi pada sektor kaki-kaki yaitu dengan menampilkan profil velg lebar dengan offset maksimum namun tetap terlihat menawan. Penyetelan chamber negatif dibuat sangat miring sehingga ban nampak menyatu pada fender. Sehingga menambah tingkat keceperan namun masih bisa dijalankan dengan eksotisme tersendiri.

  • Hotrod
aliran modifikasi mobil hotrod
Photo from WallpaperCave

Berbeda dengan hellaflush, aliran ini cenderung menggunakan mobil-mobil klasik dengan memamerkan  mesin yang telah dimodif menjadi berbagai model dan dibiarkan tanpa kap mesin. Selain itu, biasanya hotrod menggunakan velg krom dan ban lebar yang terpasang keluar dari body untuk menambah kesan klasik pada mobil tersebut.

aliran modifikasi mobil ratrod
Photo from WallpaperCave

Sebenarnya ada saudara kembar dari aliran ini yaitu Ratrod. Perbedaannya hanya pada bagian body yang sengaja dibuat seperti mobil usang tidak terurus dan berkarat.

Itulah beberapa aliran modifikasi yang mungkin bisa menginspirasi kamu dalam memilih gaya mobil. Selain gaya mobil yang telah saya tulis di atas, masih banyak modifikasi lain yang sesuai dengan kebutuhan kamu, misalnya offroad, adventure, atau lainnya.

Silahkan tonton video di bawah ini :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *