Cara memperbaiki kebuntuan lubang washer/wiper pada kaca mobil

Wiper merupakan komponen kecil pada mobil yang terletak menempel di kaca, entah itu kaca depan ataupun kaca belakang yang berfungsi untuk menyapu air pada permukaan kaca jika kondisi hujan atau lainnya. Walaupun kecil, komponen yang ditemukan oleh wanita asal Amerika Serikat, Mary Anderson ini telah ada sejak lebih dari satu abad yang lalu. Pada tahun 1916, wiper menjadi perlengkapan standar mobil-mobil di dunia.

Wiper washer pada kaca mobil 
firmandwi.com
knowledge.firmandwi.com
Foto oleh Lucas Pezeta dari Pexels

Seiring dengan perkembangan zaman, penggunaan wiper pada kendaraan telah dilengkapi dengan window washer yang berfungsi untuk memberikan tekanan agar air menyemprot ketika kaca kotor. Wiper dan washer seakan menjadi kesatuan komponen yang vital. Bagaimana tidak, kaca merupakan media visualisasi langsung pengendara ketika jalan serta melindungi dari kencangnya angin dan material debu atau lainnya masuk.

Sistem washer pada kaca ini mempunyai beberapa komponen penunjangnya, yaitu tangki, pompa, selang, nozzle, dan holder. Kerusakan yang sering terjadi dari sistem washer yaitu kebuntuan. Meski wiper masih dapat dioperasikan, namun penggunaan air pada kaca ternyata penting. Jika kaca dirasa kotor karena debu atau kotoran lainnya, pengendara biasanya menyemprot kaca terlebih dahulu kemudian baru wiper diaktifkan. Bahkan sistem washer pada saklar pun sudah dibuat seperti itu (penyemprotan dulu, kemudian wiper otomatis aktif). Hal tersebut dilakukan agar debu tidak menggores kaca secara langsung ketika wiper menyapu kaca dalam kondisi kering.

Kebuntuan dapat terjadi karena beberapa hal, antara lain kebuntuan pada selang maupun pada nozzle. Namun yang sering terjadi yaitu kebuntuan pada bagian nozzle. Jika kebuntuan terjadi pada selang, kita harus membuka koneksi dari nozzle dan dari tangki kemudian kita semprot atau kita berikan tekanan udara agar kotoran yang menjadi penyebab buntu dapat keluar.

tip cleaner untuk memperbaiki kebuntuan
Tip Cleaner

Tetapi kebuntuan yang terjadi pada nozzle dapat kita perbaiki menggunakan Tip Cleaner. Alat ini sebenarnya digunakan untuk membersihkan kerak pada Welding Gun (alat las), namun sangat efektif juga digunakan sebagai pembersih kebuntuan nozzle washer. Selain terdapat beberapa ukuran, bahan yang digunakan sangat kuat sehingga dapat dengan mudah menembus kotoran penyebab buntu.

Pada dasarnya semua benda yang memiliki ukuran kecil dan kuat dapat juga digunakan untuk memberpaki kebuntuan ini, misalnya jarum, peniti, dan sebagainya. Namun kendala yang sering terjadi yaitu ukuran lubang nozzle yang lebih kecil peniti atau jarum sehingga perlu cara lain.

Adapun langkah pencegahan agar tidak terjadi kebuntuan pada sistem Window Washer antara lain selalu isi air bersih pada tangki, sering-seringlah dipakai, dan bersihkan selang secara perodic.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *